Sosialisasi Kepariwisataan

Industri pariwisata diharapkan dapatĀ  mengangkat kehidupan masyarakat, karena sektor ini mampu menggerakkan roda perekonomian di segala lapisan masyarakat. Untuk mengembangkan kepariwisataan dibutuhkan keterkaitan 3 (tiga) stakeholder utama yaitu : pemerintah, swasta dan masayarakat. Tiga elemenĀ tersebut harus saling bersinergi dan melangkah bersama-sama untuk mencapai dan mewujudkan tujuan dari pengembangan kepariwisataan. Namun demikian, perlu disadari bahwa upaya-upaya pengembangan pariwisata yang dilaksanakan oleh pemerintah dan swasta sangat membutuhkan dukungan penuh dan partisipasi aktif dari masyarakat.

Sebagai upaya untuk membangun dukungan dan partisipasi masyarakat, pemerintah berupaya menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya dukungan semua pihak terhadap pengembangan sektor kepariwisataan. Salah satu upaya yang dilakukan oleh dinas pariwisata kabupaten mandailing untuk mengatasi keadaan tersebut adalah memberikan informasi dan pelatihan terhadap masyarakat tentang kepariwisataan yaitu dengan kegiatan sosialisasi mengenai kepariwisataan.

Pelaksanaan Sosialisasi ini dilaksanakan di Kecamatan Panyabungan Utara tepatnya di Desa Sirambas, yaitu pada tanggal 17 November 2020. Tujuan dilaksanakannya sosialisasi ini adalah :

  1. Memberikan informasi dan sosialisasi kepeda masyarakat tentang keparwisataan
  2. Memberikan gambaran kepada masyarakat tentang pentingnya pengembangan usaha pariwisata dalam peningkatan perekonomian
  3. Meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat khususnya disekitar lokasi wisata

Pemateri ataupun narasumber yang diundang dalam sosialisasi ini sebanyak 3 orang yang merupakan praktisi pariwisata dari Himpunan Pramuwisata Indonesia Provinsi Sumatera Utara